PEMBUKAAN PEMBATIK LEVEL 4 JAWA BARAT

KULIAH UMUM

PEMBATIK (PEMBELAJARAN BERBASIS TIK) LEVEL 4

PEMBUKAAN OLEH MENTERI PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA 

Bpk.NADIEM ANWAR MAKARIM, B.A. M.BA

Senin, 14 September 2020 

Bpk.Nadiem Anwar Makarim, B.A. M.BA

Assalamualaikum wr.wb.

Hallo Sahabat Rumah Belajar di Seluruh Indonesia...

Alhamdulillah puji syukur pada Allah SWT saya diberi kesempatan kembali untuk mengikuti kegiatan Pembatik Level 4. Setelah mengikuti seleksi pembaTIK pada Tahun 2020 sebanyak 70.312 peserta mulai dari Level 1,2,3 sampai pada level terakhir yaitu Level 4 terpilih 30 Peserta terbaik mewakili tiap masing-masing Kota/kabupaten di seluruh Jawa Barat.

Apa sich PembaTIK itu ???

Pembatik adalah sebuah inisiatif atau gagasan bagaimana para guru dan tenaga pendidik dilingkungan pusat data dan teknologi informasi ini kemudian berkolaborasi untuk meningkatkan kompetensi TIK terutama di kalangan dunia pendidikan. Pembatik 2020 ini mengacu pada standar  kompetensi  UNESCO ada empat level diantaranya :

Level 1 literasi dikenalkan dengan TIK dasar baik dari sisi definisi, perangkat, konsep-konsep pemanfaatan dan bagaimana memanfaatkan internet itu secara sehat dan aman.

Level 2 Implementasi sudah mulai mengadopsi pembelajaran sesuai abad 21 dimana tentu banyak hal-hal baru kemudian diimplementasikan dikelas. Saat ini karena situasi sedang pandemi dilaksanakan secara virtual.

 Level 3 Kreasi diharapkaan ada produk dari para guru dalam melakukan praktik-praktik pembelajaran terbaik seperti video pembelajaran, multimedia interaktif pembelajaran dll.

Level 4 Berbagi secara komunikatif semua kemampuan yang dimiliki para guru baik melalui video conference, menulis artikel, bahkan melakukan komunikasi efektif lain membagikan semua praktik yang baik yang telah dilakukan sebelumnya.

Kegiatan Pembatik Level 4 ini di buka langsung oleh Bpk. Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim. Inilah pesan beliau saat pembukaan PembaTIK Level 4 :

"Bapak dan ibu adalah guru yang dimiliki oleh Indonesia setelah melalui program secara daring dan karena semangatnya untuk terus mengembangkan diri bagi para murid semangat Merdeka belajar. Saya ingin menyampaikan ketika saya mengetahui program pelatihan guru pembatik tahun ini diikuti lebih dari 60.000 guru atau 1000% peningkatan dari 2 tahun yang lalu pencapaian yang luar biasa dan juga menjadi penanda bahwa banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuan teknologi. Saya berharap Duta  Rumah Belajar menjadi contoh di daerah masing-masing dalam melakukan inovasi pembelajaran. Selamat mengikuti pelaksanaan pembatik dengan tema pembelajaran mewujudkan merdeka belajar dan Indonesia maju melalui portal Rumah Belajar".

Berikut link Pesan Mas Menteri dalam Pembukaan pembaTIK level 4 Klik Link Disini











Komentar

Postingan populer dari blog ini

INOVASI PEMBELAJARAN "RUMAH BELAJAR IS YOURS"

BERBAGI PART 3 SOSIALISASI DI MI ISLAMIC DAN MGMP IPA KABUPATEN INDRAMAYU

Histologi Lambung