BAHAYA ROKOK

PENGERTIAN ROKOK
Rokok adalah kumpulan dari tembakau-tembakau kering yang dihaluskan/ dipotong kecil-kecil kemudian dibungkus dengan kertas atau daun tembakau.


SILSILAH ROKOK
Kebiasaan merokok telah dikenal sejak lama. Tembakau digunakan pertama kali di Negara Amerika bagian Utara, meskipun tanamannya ber
asal dari Negara Amerika bagian Selatan dan Hindia Barat. Kebiasaan merokok pertama kali dikenal oleh Suku Indian yang merokok dengan menggunakan pipa pada upacara khusus yang sampai sekarang dikenal dengan pipa perdamaian. Kebiasaan merokok ini telah meluas dan jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.


KANDUNGAN SEBATANG ROKOK
Menurut Terry dan Horn sebatang rokok jika dibakar akan mengeluarkan sekitar 4000 bahan kimia, seperti Nikotin, Gas CO, No, HCN, Amonia, Acroline, Acetilen, Benzen, Methanol, Nikel Carbonyl, Polonium dll. Yang mana secara umum dapat digolongkan menjadi dua yaitu: Komponen Padat (Nikotin & TAR) dan Komponen Gas.

Nikotin adalah cairan yang ditak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat, Nikotin juga dapat menghilangkan rasa lapar dan juga merupakan bahan zat adikatif. Adikatif adalah bahan yang dapat membuat orang ketagihan dan ketergantungan. Dalam sebatang daun tembakau mengandung 1 – 3% Nikotin.

TAR adalah kumpulan dari ratusan atau ribuan bahan kimia dalam komponen padat asap rokok setelah dikurangi Nikotin dan air. TAR ini mengandung bahan-bahan Karsinogen yaitu suatu bahan yang dapat menyebabkan kanker. Setiap isapan rokok mengandung bahan radikal bebas dan oksidan yang masuk terisap paru-paru. Jadi kalo seseorang membakar rokok kemudian menghisapnya maka ia akan menghisap bahan-bahan kimia tersebut diatas, selain itu asap dari pembakaran akan membahayakan lingkungan sekitar.


DAMPAK ROKOK
 Keuangan
 Kecelakaan Lalu Lintas
 Hari Kerja Yang Hilang
Untuk Perempuan
 Haid Terganggu
 Tenaga Berkurang
 Sifat Keibuan Berkurang
 Ibu Hamil yang merokok akan melahirkan anaknya beratnya 200 Gram lebih ringan dan 1 centimeter lebih pendek dari ibu bukan perokok dan kepintarannya agak ketinggalan
 Kanker

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INOVASI PEMBELAJARAN "RUMAH BELAJAR IS YOURS"

BERBAGI PART 3 SOSIALISASI DI MI ISLAMIC DAN MGMP IPA KABUPATEN INDRAMAYU

Histologi Lambung